Rabu, 22 Mei 2013

MengAktifkan Telnet Client Pada Windows 7 & Windows 8

Bagi sobat yang biasa meremote komputer atau server atau router pasti sudah tidak asing dengan menggunakan telnet kita dapat login ke komputer atau server atau router yang terhubung ke jaringan lokal (LAN) atau terhubung ke internet secara remote dan dapat mengeksekusi perintah-perintah dalam command line. Untuk dapat menggunakannya kita bisa menggunakan jendela command prompt atau CMD dan dapat mengetik perintah telnet 192.168.10.1 dimana 192.168.10.1 adalah IP dari komputer atau router yang akan kita telnet.
Di dalam sistem operasi windows 7 & windows 8 , feature Telnet ini secara default tidak diaktifkan sehingga untuk dapat menggunakan telnet di windows 7 & windows 8 maka kita harus meng-enable-kannya/ mengaktifkannya terlebih dahulu. Berikut ini adalah cara mengaktifkan telnet di windows 7 & windows 8 :
1. Buka Control Panel kemudian klik menu program atau kalau sobat bingung bisa menggunakan cara lain untuk memanggilnya yaitu buka explorer, kemudian ketikan "Control Panel\Programs".
 
2. Kemudian pada pilihan program and feature, klik Turn Windows on or off
 Cari Telnet Client, kemudian ceklist kedua feature tersebut untuk mengaktifkannya
 (lihat gambar)

3. Kemudian klik OK dan tunggu hingga sistem mengupgradenya sampai selesai.
4. Finish

Sampai disini sobat sudah mengaktifkan Telnet windows 7 & windows 8 dan sistem pun sudah siap dipakai untuk telnet.

Bagaimna cukup mudah sekali bukan??
Selamat mencoba..
Semoga tutorial  ini bermanfaat.. 
Salam
Merah Putih Segoroasat
Thanks

Tidak ada komentar :

Posting Komentar