Selasa, 02 April 2013

Mengetahui IP Address Melalui Terminal (Command Prompt / CMD)

IP address adalah sebuah alamat yang dikenal sebagai alamat sebuah komputer yang terhubung dengan jaringan. Dengan adanya IP address ini, memudahkan kita atau admin jaringan untuk mengetahui sebuah kondisi jaringan di lapangan. Oleh karena itu, data IP address sebuah komputer sangat penting bagi admin jaringan atau orang yang membutuhkannya. Selain itu juga, IP address berguna untuk alamat mengirimkan sebuah paket, misalnya file atau gambar.
Dengan begitu, IP address sangat penting untuk diketahui oleh seorang admin jaringan. Namun, tidak semua orang mengerti bagaimana cara mengecek IP Address. Oleh karena itu, disini saya akan share bagaimana mengetahui IP address dari terminal yang bisa dilakukan dengan mudah.

Cara Mengetahui IP Address Melalui Terminal

Buka Run Windows
Pertama yang anda lakukan adalah buka run dengan cara menekan windows+R atau anda bisa klik Start -> Accessoris -> Lalu klik Run. Maka akan muncul window baru di kiri bawah. ketikkan “cmd” tanpa tanda petik. Seperti gambar dibawah ini.


Perintah Mengetahui IP Address
Setelah muncul jendela baru, maka anda bisa mengetikkan perintah “ipconfig” atau lebih detail pake "ipconfig -all" untuk mengetahui ip address yang disetting di komputer atau laptop anda. Anda bisa melihat contoh dibawah ini.



Keterangan IP Address
Setelah anda mengetikkan perintah, maka akan muncul beberapa baris keterangan di CMD. Kurang lebih keterangan tersebut seperti di bawah ini. Diantara semua keterangan tersebut, ada informasi IP address seperti dibawah ini.

Nah, itu dia informasi mengenai bagaimana cara mengetahui ip address yang berada di komputer anda. Semoga saja informasi ini membantu anda untuk bisa mengetahui ip address anda. 


Sekian.
Semoga bermanfaat & menambah pengetahuan kita.




Salam
Merah Putih Segoroasat
Thanks

Tidak ada komentar :

Posting Komentar