Selasa, 02 April 2013

Cara Mengaktifkan Sharing Folder Windows 7 Dan Windows XP



Seperti kita ketahui, windows 7 OS baru besutan Microsoft Corporation memiliki fitur keamanan yang lebih baik dari windows generasi sebelumnya. Karena itu juga, cara system menangani file maupun folder juga sedikit berbeda. Terlebih lagi jika berhubungan dengan jaringan, banyak perbedaan dan perubahan pada struktur maupun tingkat keamanan user pada folder jaringan.
Untuk share/berbagi pakai file menggunakan windows XP mungkin sudah begitu familiar, Namun Anda mungkin akan sedikit merasa kesulitan saat ingin share folder di komputer yang memakai OS Windows 7. Tapi tenang..., disini akan saya beri tahu cara share file atau folder menggunakan Windows XP Professional dan Windows 7.

Langkah-langkahnya sebagai berikut:
Setting sharing file pada windows 7

Pastikan PC windows 7 dan XP memiliki group yang sama. Dengan workgroup yang sama akan memudahkan Anda dalam menghubungkan dua komputer.



Klik Start > Control Panel, pilih Network and Internet dan lanjutkan dengan klikNetwork anda Sharing Center.



Klik Change Advanced Sharing Setting dan ubah semua settingan agar mengijinkan komputer lain bisa mengakses komputer windows 7 ini. Jangan gunakan pilihan password protection sharing agar orang yang mengakses komputer anda tidak perlu lagi mengakses menggunakan password. Gunakan password protection sharing pada jaringan public seperti cafe, dan lain-lain.


Setelah itu, klik Save Changes.
Selanjutnya buat folder yang akan di share dengan komputer lain.
Buka windows explorer dan buat folder baru untuk dishare. Klik kanan folder tersebut dan pilih properties.
Klik tab Sharing diikuti dengan klik tombol Share.


Pada menu drop down, tambahkan user yang diizinkan untuk mengakses folder. Pada contoh ini saya menggunakan name Everyone, alias semua orang bisa akses tanpa password.

 

Pilih jenis Permision Level pada user Everyone, apakah hanya dapat membaca saja atau dapat menambahkan file menulis pada file yang di share.


Terakhir, klik share dan di ikuti dengan klik tombol Done.
Setting sharing file pada windows xp professional

Buka windows explorer dan buat folder baru yang akan digunakan untuk sharing file.
Klik kanan folder tersebut dan pilih properties.
Klik tab Sharing dan beri tanda check pada bagian Share this folder on the network.

 

Jika anda mengiz inkan orang lain untuk menulis atau menghapus file pada folder tersebut, beri tanda pada bagian Allow network users to change my files, lalu klik OK.
Cara lihat hasil setting folder sharingnya

Coba akses folder windows 7 melalui windows XP.
Caranya, buka Control Panel > Network Connection > My Network Places, lalu cari dan klik dua kali nama komputer dari windows 7. Klik folder sharing dan coba copy data dari folder tersebut. Jika permision levelnya read-write, maka anda melakukan penulisan pada file yang dishare atau membuat folder baru dan mencopy file dari komputer XP ke folder share di Windows 7 tersebut.

Sekarang kembali ke komputer yang ber-OS windows 7. Buka windows explorer, klik network pada bagian kiri paling bawah, kemudian pilih komputer yang terinstall windows 7. Disitu anda akan melihat sebuah folder yang telah di share. Silahkan akses beberapa file pada foler tersebut. Jika tadi di Windows XP memberikan akses read-write pada Allow network users to change my files, maka anda bisa mencopy, menambah bahkan menghapus file pada folder share tersebut.
Selesai.




Sekian.
Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan kita.




Salam
Merah Putih Segoroasat
Thanks

4 komentar :

  1. Berita Terbaru 2014 Cuma Dengan 20rb Anda bisa Dapatkan Jutaan Rupiah gak percaya?
    buka & klik disini untk melihat kenyataannya

    BalasHapus
  2. makasih mass infonya..
    Daftar Web yang menyediakan info seputar bola,
    prediksi bola ter-update..
    berita bola TERBARU DAN TERPERCAYA ada di pastibet.com ,bola368.net , bola368.org
    Buruan Gabung..!!

    BalasHapus
  3. makasih ya, info nya sangat bermanfaat sekali

    BalasHapus